Perkembangan TIK dalam dunia pendidikan

Arif Fajar


  Di Palangkaraya, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam beberapa tahun terakhir ini mengalami kemajuan yang sangat pesat, Pesatnya perkembangan ini harus diikuti dengan kemampuan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan merancang, mengoperasikan, memelihara dan memperbaiki sistem komputer dan jaringan.
     Departemen Pendidikan Nasional telah melakukan program dengan cara menghubungkan seluruh Sekolah menengah yang ada di dalam Kabupaten/Kota menggunakan Teknologi WAN (Wide Area Network), program ini disebut dengan WAN Kota. Tahap akhir yang dilaksanakan adalah mengembangkan centra-centra teknologi Informasi dan Komunikasi di Tiap Kabupaten/Kota dalam bentuk ICT Center. Khususnya di kota Palangkaraya sendiri , sebagian sekolah telah terhubung  dalam jaringan informasi sekolah dan sekolah21.org yang mempergunakan WAN-KOTA.
      Dengan majunya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi diharapkan untuk sekolah-sekolah yang ada di kota Palangkaraya agar dapat lebih baik dalam memberikan ajaran-ajaran kepada siswa-siswanya dalam pemanfaatan dan pentingnya teknologi informasi dalam pendidikan serta mampu membawa peserta didiknya  bersaing di dunia globalisasi.
       Dampak positif yang ditimbulkan oleh adanya teknologi informasi ini, dapat membantu pelajar dalam mengakses teknologi infomasi,memudahkan proses belajar mengajar, menambah semangat pelajar untuk belajar, dan dapat meningkatkan prestasi mereka sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih praktis dan efisien.Menurut Wawan yang merupakan seorang pelajar SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya,” tanpa adanya teknologi informasi ini, negara akan lambat berkembang dan akan kalah bersaing dengan negara lain,oleh karena itu saya mengharapkan kepada pemerintah agar lebih memperhatikan kualitas sekolah-sekolah yang ada agar dapat lebih maju dan berkembang”.
     Jadi, upaya-upaya yang telah dilakukan pemerintah dalam memajukan pendidikan sudah sangat baik. Walaupun sudah sangat baik, pemerintah harus lebih berupaya lagi agar mutu pendidikan negara ini dapat jauh lebih berkembang lagi dari sebelumnya misalnya dengan cara memberikan bantuan atau dana terhadap sekolah yang masih tertinggal.


   Menurut Wawan yang merupakan seorang pelajar SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya,” tanpa adanya teknologi informasi ini, negara akan lambat berkembang dan akan kalah bersaing dengan negara lain,oleh karena itu saya mengharapkan kepada pemerintah agar lebih memperhatikan kualitas sekolah-sekolah yang ada agar dapat lebih maju dan berkembang”.
Dalam hal ini pemerintah harus terus berupaya agar perkembangan pendidikan dapat lebih maju dan mampu bersaing dengan negara lain.

Ini adalah artikel edu reporter yang saya buat ketika berhasil masuk final Edu reporter online Tingkat Nasional

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentar dibawah ini dan jangan komentar spam karena akan kami hapus. Terimakasih

 

Download

My name is Arif Fajar Kurniawan

I'm a Blogger ,Writter, Programmer web ,& Photografer

My Hobby is Futsal, Blogging, Business, & Photografy

Teknologi

Resources

Travel

Jual Minyak Bulus, Minyak Bulus Asli, Khasiat Minyak Bulus