Contoh Resensi Buku

Arif Fajar


 Pendahuluan

Dengan menyebut nama Allah
Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

       Segala puji bagi Allah, shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat, dan orang-orang yang mencintainya.
       
      Alhamdulillah, akhirnya kami dapat menemukan sebuah buku yang sangat bermanfaat dalam kehidupan dunia dan akhirat kita. Buku ini memuat tentang ibadah-ibadah yang menurut kita sudah benar dilakukan namun ternyata ibadah tersebut salah dan tidak ada tuntunan dari Rasulullah serta tidak disertai dengan hadist-hadist  yang shahih.
      
       Sesungguhnya , Allah tidak menerima suatu ibadah kecuali inadah yang ikhlas dikerjakan pada-Nya dan sesuai dengan apa yang diajarkan dalam Al-Qur`an dan         Al-Hadist. Terkadang rasa ikhlas itu sudah ada namun ibadah yang kita kerjakan tersebut masih belum sesiau dengan syariat, dan tunutnan Rasulullah. Hal itulah yang menjadikan ibadah kita tertolak dan tidak bernilai sedikit pun di sisi Allah SWT.
       
       Oleh karena itu, buku ini menjelaskan kesalahan-kesalahan yang sering kita lakukan baik sengaja maupun tidak sengaja di dalam ibadah kita, karena tersebut merupakan bid`ah yang harus kita jauhi dan hindari dalam ibadah kita.
       
        Semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita semua yang belum sadar akan bid`ah yang ada dalam ibadah. Serta semoga buku ini bermanfaat bagi kita semua sebagai penuntun jalan menuju kebaikan dan kebenaran.

                                                                                    Palangka Raya, 02 Agustus 2009




                                                                                                        Penulis












Data Publikasi Buku

Judul Buku                  : POPULER TAPI KELIRU
                                     (Akhta Syari`ah Fi Mumarasah Al-Ibadat)
Pengarang                   : Adil Fathi Abdullah Najib Salim
Penerjemah                  : Nur Alamsyah
Penerbit                       : Mirqat Publishing
Tahun terbit                 : 2007
Jumlah Halaman          : 145
Ukuran buku               : 20,5 X 13,5 cm
Harga Buku                 : Rp 24.400,00
No. ISBN                    : 979-1234-21-3













   

     Isi

Islam membawa ajaran yang sempurna menuntun hambanya mendapat kehidupan bahagia, sejahtera dunia , dan akhirat. Islam mencakupsegi kehidupan perorangan ataupun bermasyarakat,terutama masalah ibadah.

Ibadah dalam Islam hukum dasarnya adalah mengikuti sunnah Rasulullah. Jadi perkara yang tidak pernah dipraktekan oleh Rasulullah dan tidak disepakati oleh para ulama maka perkara itu bukanlah ibadah melainkan bid`ah. Mengikuti sunnah Rasulullah yang merupakan hukum dasar setiap ibadah tidak boleh dikurangi ataupun ditambahi

Bid`ah adalah menambah atau mengurangi ajaran Islam atau melakukan suatu ibadah tanpa adanya tuntunan Rasulullah SAW. Orang yang mengerjakan bid`ah maka ibadahnya akan ditolak oleh Allah. Meskipun seseorang merasa bahwa ibadah yang ia lakukan sudah benar, namun jiak ibadah tersebut merupakan bid`ah maka ibadahnya tidak berarti sama sekali.

Merupakan kewajiban bagi setiap muslim dan muslimah untuk menuntut ilmu, baik itu ilmu agama maupun ilmu dunia. Bukan jamannya kita lagi apabila kita hanya menerima suatu ajaran agama tanpa tahu apakah ajaran tersebut benar sesuai dengan syariat Islam. Sekarang kita sebagai Individu harus menggali ilmu agama sebanyak- banyaknya agar dapat mendapat kepahaman akan ibadah yang benar. Pengetahuan tentang hukum ibadah merupakan suatu kewajiban bagi setiap muslim sehingga ketika kita beribadah kepada Allah , ibadahnya benar dan sesuai dengan tuntunan Rasulullah.

Buku ini mengupas kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan dalam ibada kita. Dalam buku ini membahas secara spesifik kesalahan-kesalahan dalam ibadah terutama yang berkaitan dengan adzan, bersuci, puasa, dan ibadah haji.

Buku ini menjelaskan bagaimana hukum sebenarnya akan bid`ah yang kita kerjakan tersebut yang disertai hadist- hadist shahih yang diriwiyatkan oleh orang-orang yang terpercaya. Selain itu, buku ini juga memuat pendapat berbagi ulama dari madhzab-madhzab yang berbeda perihal bid`ah tersebut dengan mendapatkan satu kepastian akan hukum kesalahan tersebut. Pembahasan buku ini sangat ringan dan praktis, penjelasannya langsung pada pokok pikiran sehingga pembaca tidak dibuat pusing.       

Dengan membaca buku ini, mata dan pikiran kita dapat terbuka , sehingga dapat memperbaiki dan menghilangkan bid`ah-bid`ah yang ada dalam ibadah kita. Sehingga Insya Allah jika ibadah yang kita lakukan dengan ikhlas serta sesuai dengan syari`ah dan tuntunan Rasulullah akan diterima disisi Alla SWT.

Semoga Allah mengampuni dosa-dosa yang sudah kita lakukan dan semoga Allah menerima amal ibadah kita. Amin
  
  Penutup
·          Kesimpulan

Buku “Populer Tapi Keliru” hadir untuk menjelaskan dan membenarkan ibadh-ibadah yang kita lakukan di mana menurut kita ibadah tersebut benar sesuai syari`at Islam. Namun pada kenyataannya ibadah tersebut adalah bid`ah yang tidak ada tuntunannya dari Rasulullah SAW. Pengetahuan tentang ibadah merupakan kewajiban bagi setiap orang Islam, karena sempurnanya suatu ibadah jika dikerjakan sesuai dengan syari`at Islam dan mengikuti As-Sunnah Rasulullah serta tidak menyimpang darinya.

·               Saran

    Melalui buku ini kita dapat mengetahui apakah  ibadah kita itu sudah sempurna atau ibadah kita termasuk bid`ah. Buku ini menjelaskan ibadah yang keliru namun kekeliruan tersebut banyak terjadi di dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, buku ini sangat bagus dan sangat penting untuk kita baca, sehingga kita dapat menetahui ibadah-ibadah apa di dalam kehidupan kita yang termasuk bid`ah.
        

  











RESENSI

“Sudah sempurnakah ibadah kita?”









Oleh
Kelompok 1
Arif Fajar Kurniawan
Ahmad Riatno
Jumiatul Azizah
Sumarsih
Paniyem
Agustia Windarti



Kelas XI-IPA 2
SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya
2009/2010





0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentar dibawah ini dan jangan komentar spam karena akan kami hapus. Terimakasih

 

Download

My name is Arif Fajar Kurniawan

I'm a Blogger ,Writter, Programmer web ,& Photografer

My Hobby is Futsal, Blogging, Business, & Photografy

Teknologi

Resources

Travel

Jual Minyak Bulus, Minyak Bulus Asli, Khasiat Minyak Bulus