Pelaksanaan Dan Formula Penilaian UN 2011

Arif Fajar

Permendiknas Nomor 45/2011 tentang Kriteria Kelulusan dan Permendiknas Nomor 46/2011 tentang Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMP dan SMA telah ditanda tangani oleh Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh dan berarti UN 2011 positif digelar.


Pelaksanaan Ujian Nasional

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2010/2011 sebagai berikut :

  1. Jenjang SMA/MA/SMK akan digelar pada 18-21 April 2011 dan pengumuman kelulusannya paling lambat 16 Mei 2011 dan bagi SMK ujian nasional kompetensi keahlian paling lambat sebulan sebelum UN
  2. Jenjang SMP/MTs akan digelar pada 25-28 April 2011 dan pengumuman kelulusan paling lambat 4 Juni 2011

Formula Penilaian Kelulusan :

Pada Ujian Nasional 2011 nanti menggunakan formula baru untuk menentukan kelulusan yaitu nilai gabungan antara nilai UN dan Nilai Sekolah yang terdiri atas Ujian Sekolah dan Nilai Rapor. Dengan formula yang baru maka kriteria kelulusan mempertimbangkan prestasi siswa di sekolah.

Jadi sebelum kelulusan diumumkan, sekolah mengirimkan hasil nilai sekolah untuk digabungkan dengan hasil nilai UN ke Kemdiknas. Selanjutnya, setelah digabungkan dengan formula 60 persen UN ditambah dengan 40 persen nilai sekolah, nilai tersebut dikembalikan lagi ke sekolah. “Sekolah merekapitulasi dengan mata pelajaran lain. Kan ada tujuh mata pelajaran lain yang harus lulus. Yang menentukan kelulusan tetap satuan pendidikan,” katanya Mendiknas.

Jadi perhitungan Nilai Ujian = 60% N.UN + 40% N.S

dimana N.UN adalah Nilai Ujian Nasional dan NS adalah Nilai Sekolah yang meliputi Ujian Sekolah (US) dan Nilai Rapor

Target Ujian Nasional

Ada yang menarik dari penjelasan Mendiknas, target kelulusan ujian nasional “tidak ada” karena tahun lalu sudah tinggi kelulusannya, justru ada target lain yang arahnya adalah perbaikan sistem ujian nasional yaitu kejujuran !!

from ; adiwarsito.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentar dibawah ini dan jangan komentar spam karena akan kami hapus. Terimakasih

 

Download

My name is Arif Fajar Kurniawan

I'm a Blogger ,Writter, Programmer web ,& Photografer

My Hobby is Futsal, Blogging, Business, & Photografy

Teknologi

Resources

Travel

Jual Minyak Bulus, Minyak Bulus Asli, Khasiat Minyak Bulus