Pentingnya Ucapan Terima Kasih

Arif Fajar

Ucapan Terima Kasih adalah kumpulan dari 2 buah kata yaitu Terima dan Kasih, namun maknanya sangat berarti dalam kehidupan. Dalam kehidupan sehari-hari kita sering saling berinteraksi  antar sesama, bahkan dengan adanya interaksi atau hubungan sesama manusia kita sering kali mendapat bantuan entah jasa atau apapun itu. Hidup di dunia ini kita saling membutuhkan satu sama lain, bahkan kita bakalan sulit hidup tanpa bantuan orang lain. Atas dasar hal di atas saya mengangkat tema seberapa pentingnya mengucapkan terima kasih ketika orang lain membatu kita dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa di antara sekian banyak orang tentu kadang lalai atau lupa atau mengabaikan untuk mengucapkan "terimakasih" pada orang lain.Mungkin anda pun salah satu di antara orang-orang yang malu atau gengsi atau mungkin menganggap tidak terlalu penting untuk mengucapkan dua kata bijak itu dalam suatu hal yang meskipun itu sesuatu yang biasa.Tahukah anda seberapa penting kata "Terima Kasih" itu?Dalam hal sekecil apa pun itu kata "Terima Kasih" sangatlah penting.Begitu banyak manfaat dari kata "Terima Kasih" yang mungkin anda pun tidak sadar akan hal tersebut.

Anda sebagai orang yang berterima kasih pada seseorang pasti akan merasakan sesuatu yang berbeda dalam hati setelah mengucapkan "Terima Kasih" pada seseorang yang menurut anda telah menolong atau membantu anda dalam masalah sekecil atau sebesar apa pun itu.Dan tentunya itu juga akan membuat seseorang yang menerima ucapan tersebut akan merasa sangat di hargai dengan apa yang telah dia lakukan.Tanpa di sadari, antara keduanya sebenarnya telah saling membantu atau menolong. Mengapa demikian?Coba anda simak baik-baik.Anda mengucapkan "Terima Kasih" pada orang tersebut karena anda merasa orang  tersebut telah membantu atau telah menolong anda. Dan orang tersebut yang menerima ucapan "Terima Kasih" itu tentu akan merasa senang  karena ternyata apa yang dia lakukan berguna dan berarti untuk orang lain, dan dia pun tentunya pasti akan merasakan bahwa apa yang telah dia lakuan tidak sia-sia dan secara tidak langsung itu akan membuat orang tersebut terdorong untuk selalu melakukan kebaikan meski sekecil apa pun itu.
Mengapa harus sungkan, canggung, malu atau genggsi untuk mengatakan sesuatu yang dengan kata bijak "Terima Kasih".Berterima kasih tak sesulit mengakui kesalahan pada seseorang. Dengan kita mengucapkan "Terima Kasih" sama sekali tidak merugikan siapa pun.
Berterima kasihlah karena sesuatu yang secara langsung atau tidak langsung, sengaja atau spontan telah menyelamatkan anda dari hal-hal tersebut meski sekecil apa pun itu. Karena orang lain pun tentu akan melakukan hal yang sama kepada anda meski bukan dari orang yang sama, dan itu bisa membuat orang lain juga akan mengingat anda karena secara sadar tidak sadar itu menunjukkan bahwa anda adalah salah satu orang yang bermurah hati.
Simak beberapa contoh kejadian-kejadian di mana seseorang merasa tertolong atau terbantu dan wajib mengucapkan "Terima Kasih" :1. Ketika anda berjalan sendiri atau sedang bersama seseorang atau beberapa orang teman, tidak sadar ada lubang di depan jalan anda, dan anda hampir mengenainya. Sedang orang yang jalan bersama anda pun tidak menyadariakan hal tersebut itu, kemudian seseorang dari seberang menegur anda untuk mengingatkan bahwa ada sesuatu di hadapan sana. Lalu, apa respond anda?Anda pun langsung spontan dengan hanya tersenyum dan terus melanjutkan perjalanan anda tanpa mengucapkan terima kasih kepada orang tersebut.Mungkin menurut Anda dengan tersenyum kepada orang tersebut cukup menyampaikan rasa "Terima Kasih" anda. Iya, itu memang betul. Tapi jangan salah, kadang malah ada yang merasa bahwa anda tidak menghargainya yang secara tidak langsung menolong anda. Kalau saja, ketika anda spontan tersenyum seraya mengucapkan " Ya ampun, makasih banget ya udah ingatin, hampir saja ( ,,, )", atau sekedar mengatakan "makasih ya", tahukah anda, betapa akan senangnya orang tersebut dan tentu itu akan membuat orang tersebut merasa bahwa baru saja dia melakukan sesuatu yang  berguna, yang secara tidak lagsung dia telah menolong orang lain. Dan tanpa di sadari orang tersebut menilai bahwa betapa baiknya Anda  menghargainya dengan mengucapkan "Terima Kasih" kepada orang tersebut.
2. Kasus pada wanita. Biasanya, kaum hawa ini kerap kali mengalami masalah tiap bulan :)Kadang mereka tidak menyangka akan datang bulan (menstruasi) di waktu yang tidak biasanya atau tidak pada waktunya. "Loh, kok aku dah dapat? padahal 'kan aku kemarin dapatnya pertengahan bulan, kok di awal bulan aku dah dapat lagi, y?", bertanya heran sendiri.Nah, pada saat itu tentu Anda pasti merasa sial banget. Giman tidak, di luar dugaan Anda, Anda menstuasi di waktu yang tidak biasanya dan celakanya Anda tidak membawa persediaan yang untuk menjaga kemungkina jika mendadak Anda akan menstruasi ketika Anda sedang di luar rumah. Padahal, biasanya Anda selalu menyelipkan dalam tas Anda ketika Anda tahu akan menstruasi dalam beberapa waktu lagi.Kebetulan, saat  itu Anda sedang bersama teman, beruntung dia selalu ada stok persediaan dan dia memberikannya untuk Anda. ( ,,, Makanya, "Sedia Payung sebelum Hujan" seperti kata pepatah :) )
Karena kejadian ini terjadi secara kebetulan dan di luar dugaan. Anda tentu merasa sangat tertolong pada saat itu.Tapi kata terima kasih itu tidak terucap dari bibir Anda. Anda merasa bahwa dia itu teman Anda, wajar jika dia bersikap seperti itu. Anda merasa itu hal yang biasa.Pikir Anda, Anda pun kadang melakukan hal yang serupa.Biar bagaimanapun dan pada siapa pun mengucapkan terima kasih itu perlu. Walau Anda merasa terbiasa melakukan hal yang serupa. Coba bayangkan jika setiap apa yang kalian lakukan selalu di balas dengan mengucapkan  terima kasih. Betapa indahnya bukan hubungan pertemanan itu. Rasanya tentu sangat berarti.Dan tentu kalian pasti akan merasa berguna dengan adanya persahabatan itu. 


So, biasakanlah untuk mengucapkan terima pada sesama. Karena kita semua yang ada di dunia ini sebenarnya sama saja kok. Meski sebelumnya tidak saling kenal, belum pernah bertemu dan sebagainya. Entah itu yang berpangkat, yang punya jabatan tinggi atau rendah, pegawai biasa atau pegawai luar biasa sekalipun, semua sama saja, perlu berterima kasih dan berhak mendapatkan ucapan "Terima Kasih".Meski tidak harus membalasnya dengan melakukan hal yang sama atau memberikan sesuatu sebagai tanda "Terima Kasih", dengan mengucapkan "  ( ,,, ) sangat berterima kasih ( ,,, ) " sebenarnya itu sudah  lebih dari cukup.
Dan sadarkah anda manfaat dari  mengucapakn sebuah kata "Terima Kasih" itu?.Di bawah ini beberapa manfaat yang perlu di ketahui :1.  Manfaat bagi yang mengucapkan "Terima Kasih" :  Menunjukkan bahwa anda bisa menghargai orang lain dan anda termasuk orang yang pemurah hati2. Manfaat bagi orang yang menerima ucapan  "Terima Kasih" : Merasa di hargai dan merasa berguna bagi orang lain, mendorong semangat untuk lebih melakukan sesuatu yang baik bagi orang lain.3. Menyehatkan hati4. Adanya perasaan senang/bahagia5. Membangkitkan rasa semangat dan kepecayaan diri

Nah, mari kita saling membantu dan menolong dengan mengucapkan "Terima Kasih" untuk menemukan manfaat-manfaat dari itu.Tapi bukan berarti sekedar mengharapkan sesuatu dengan  melakukanya tanpa adanya rasa ketulusan.Jadilah seseorang yang bisa saling menghargai dan dapat di hargai.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentar dibawah ini dan jangan komentar spam karena akan kami hapus. Terimakasih

 

Download

My name is Arif Fajar Kurniawan

I'm a Blogger ,Writter, Programmer web ,& Photografer

My Hobby is Futsal, Blogging, Business, & Photografy

Teknologi

Resources

Travel

Jual Minyak Bulus, Minyak Bulus Asli, Khasiat Minyak Bulus