TEMPAT WISATA BANJARMASIN | PARIWISATA BANJARMASIN

Arif Fajar

Banjarmasin adalah tempat saya dalam menimba ILMU pendidikan D3 Teknik Informatikas, untuk WISATA BANJARMASIN ada 7 objek yg wajib dikunjungi. Ayooo data ke PARIWISATA BANJARMASIN.

Banjarmasin merupakan Ibu kota propinsi Kalimantan Selatan. Kota ini biasa mendapatkan julukan Kota Seribu Sungai. Because what? Banjarmasin memang dibelah oleh beberapa sungai besar dan kecil. Contohnya saja adalah Sungai Barito dan Sungai Martapura. Selain itu Banjarmasin juga sering disebut-sebut sebagai Venice of Indonesia. Tahu kan kota Venice di Italia yang terkenal dengan gondolanya itu? Nah jika sedang berkunjung ke Kota Banjarmasin, ada beberapa destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan. Mau tahu apa saja? Let’s check it out.

Daftar Tempat Wisata di Banjarmasin

Pasar Terapung Lok Baintan
Masjid Raya Sabilal Muhtadin
Ini merupakan masjid terbesar di Kota Banjarmasin, letaknya di sebelah barat Sungai Martapura. Setelah puas seharian jalan-jalan mengelilingi Banjarmasin, sore harinya menjadi waktu terbaik untuk mengarahkan langkah kaki ke masjid ini. Walaupun letaknya di dalam pusat kota, pemandangan senja di masjid ini lumayan memukau. Saat matahari masuk ke peraduannya berganti dengan malam, kita dapat menyaksikan pemandangan sunset yang memukau. Tidak jauh dari lokasi masjid terdapat taman yang biasa dijadikan tempat nongkron oleh anak muda.
Taman Siring Martapura
Taman ini letaknya tepat di depan Masjid Raya Sabilal Muhtadin, hanya dipisahkan oleh jalan. Sesuai dengan namanya, taman ini berlokasi di tepian sungai Martapura yang membelah Banjarmasin. Taman ini sangat cocok digunakan untuk nongkrong melepas lelah setelah seharian mengitari kota. Kita dapat menyaksikan perahu klotok dan jukung berseliweran. Saat hari masih lumayan terang para pemancing juga banyak yang nongkrong di sini.
Pasar Terapung Kuin
Ini dia atraksi utama di Kota Seribu Sungai, pasar terapung. Agar tidak kecewa, usahakan untuk datang pagi sekali ke Pasar Terapung Kuin. Pasar dimulai pukul 5.00 WIB hingga sekitar pukul 7.00 WIB. Memang pasar terapung ini sudah mulai sepi, tidak seramai dulu. Peradaban sungai mulai tergusur derasnya pembangunan di daratan. Namun kita tidak akan kecewa karena selain ke pasar juga bisa sekalian menyaksikan Sungai Barito, Jembatan Barito, Pulau Kembang, dan Masjid Sultan Suriansyah.
Pasar Terapung Lok Baintan
Kalau belum puas menyaksikan atraksi pasar terapung di Kuin, esok harinya kita bisa menyaksikan yang lebih ramai. Pasar Terapung Lok Baintan. Pasar yang berlokasi di Sungai Martapura ini memang lebih ramai dibandingkan Pasar Terapung Kuin. Namun lokasinya juga lebih jauh dari pusat kota. Sebaiknya berangkat lebih pagi juga, supaya tidak melewatkan momen-momen menarik di pasar yang unik ini.
Masjid Sultan Suriansyah
Masjid ini sarat dengan nilai sejarah. Saksi bisu perkembangan Kota Banjarmasin. Masjid Sultan Suriansyah dibangun di masa kekuasaan Kerajaan Banjar. Usianya diperkirakan sudah 450 tahun. Tempat wisata bersejarah ini adalah bonus kalau kita mengunjungi Pasar Terapung Kuin. Kita dapat mampir ke sini saat perjalanan pulang dari pasar karena lokasinya yang memang searah.
Pasar Intan di Kota Martapura
Obyek wisata ini sebenarnya sudah di luar Kota Banjarmasin. Tapi tetap saya masukkan di sini karena kita dapat singgah ke Kota Martapura saat kita mengunjungi Banjarmasin. Tentu saja dengan satu syarat, waktunya mencukupi untuk menjelajah ke tempat ini. Di pasar ini kita dapat berburu batu permata intan dengan kualitas yang bagus dengan harga bervariasi. Kita juga bisa mendapatkan oleh-oleh khas Banjar di pasar ini.
Pendulangan Intan
Letaknya di Desa Pumpung, sekitar 30 menit dari pusat Kota Martapura. Di sini kita akan menyaksikan bagaimana para pendulang intan bekerja untuk mendapatkan intan yang dikagumi banyak orang. Kalau mau, bisa juga ikut mencoba mendulang intan :) . Di lokasi ini juga terdapat beberapa sentra industri rumah tangga yang mengolah intan mentah menjadi batu-batu permata yang siap digunakan.